Sabtu, 18 Maret 2023

PSIKOLOGI TAQWA

Diri yang Berucap Marhaban ya Ramadhan 1444 H

 

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

 

Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa Qs. Al-Baqarah [2] 183.

 

Dari Abu Hurayrah R.A. ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena Iman dan hanya mengharap ridha Allãh maka terampunilah semua dosanya yang terdahulu.

(H.R. Bukhariy 37, Muslim 1268, Ahmad 6873, Tirmidziy 619, Abu Daud 1165, Nasaiy 2174,).

 

Rasulullah SAW bersabda: Dari Sahl R.A. Dari Nabi SAW, Rasulullah bersabda: Sesungguhnya di sorga terdapat sebuah pintu bernama al-Rayyan, yang diperuntukkan bagi orang-orang yang gemar berpuasa sewaktu didunia, dan tidak diperbolehkan seorangpun memasukinya selain mereka. Tiba-tiba terdengar suara yang memanggil: Di mana orang orang yang biasa berpuasa? Setelah mereka semua masuk ke dalam pintu surga tersebut, pintu tersebut ditutup, hingga tidak ada seorangpun selain mereka yang dapat memasukinya.

(H.R. Bukhariy 1763, Muslim 1947, Ahmad 21752, Tirmidziy 696, Ibnu Majah 1630).

 

Lima hari menjelang Ramadhan, selayaknya segenap diri mukmin berikhtiar yang sungguh-sungguh, menghadirkan diri yang kuat, hati yang bersih dan jiwa yang suci mengawali Ramadhan tahun ini. Marhaban ya Ramadhan 1444 H.

 

Ya Allah ya Tuhan kami, Anugerahkan kepada kami ketenangan, kedamaian, kekuatan Iman dan keselamatan, kesehatan yang sempurna, tidak sakit sampai Ramadhan berakhir, diberikan kekuatan beribadah dalam ke-Islaman dan ikhlaskan semua ibadah dan amal shaleh serta amal muslih karena-Mu ya Allah SWT🤲*

 

 

Jogjakarta, 25 Sya’ban 1444 H, 

Bertepatan 17 Maret 2023 M

 

Salam

Dr. Yuzarion, S.Ag., S.Psi., M.Si.

Magister Psikologi UAD Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar