Minggu, 26 Maret 2023

Psikologi Taqwa: Memilih Untuk Dicintai

Berbahagialah bagi yang telah berikhtiar memilih jalan ketaqwaan. Bagi yang belum mulailah untuk memilih jalan tersebut. Kebahagian tertinggi bagi insan beriman dan beramal shaleh, mereka bersungguh-sungguh meregulasi diri dalam jalan ketaqwaan, pasti akan dicintai sepenuhnya oleh Allah SWT.

 

Allah SWT mencintai orang-orang muttaqien. Peryataan ini terdapat dalam Alqur’an Surat Ali-Imran (3) ayat 76, At-Taubah (9) ayat 4 dan ayat 7.

 

Dicintai manusia atau dicintai sesama manusia terkadang diri sudah merasa di atas angin, seolah-olah dunia ini milik dirinya.

 

Setiap pasangan dicintai oleh pasangan, anak-anak dicintai orangtua, santri dicintai ustadz, jemaah dicintai para buya, dan kiyai di majlis-majlis pengajian.

 

Saat ini kesempatan untuk dicintai Allah SWT pemilik alam semesta terbuka lebar. Coba ukur perasaan pada diri masing-masing.

 

Saat Allah SWT yang mencintai diri ini, hati, dan jiwa ini. Diri, hati dan jiwa yang bersungguh-sungguh meregulasi diri dalam jalan ketaqwaan,. Pemilik diri, hati, dan jiwa lansung yang mengungkapkan mencintai hambanya. Allah SWT pemilik dan penguasa alam semesta ini yang mengungkapkan: 

 

إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُتَّقِينَ

 

Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertakwa. [Surat At-Taubah (9) ayat 4].

 

Ma Syaa Allah, tabarakallaah. Selamatlah diri, selamatlah diri ini dunia dan berbahagialah diri ini kelak akhirat, Allah SWT sendiri telah mencintai setiap diri yang muttaqien itu.

 

Kebagagian ini tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, hanya dengan ikhtiar semakin bersungguh-sungguh dalam jalan kebaikan dan ketaqwaan:

 

وَٱلَّذِينَ جَـٰهَدُوا۟ فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلْمُحْسِنِينَ

 

Dan orang-orang yang berjihad (berjalan) untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. [Surat Al-Ankabut (29) ayat 69]

 

[Bersambung…]

 

Ya Allah… kami memohon kepada-Mu kecintaan-Mu dan kecintaan orang-orang yang mencintai Engkau…🤲*

 

Ya Allah... tuntunlah kami mengerjakan amal shaleh yang Engkau cintai…🤲*

 

Jogjakarta, 4 Ramadhan 1444 H, bertepatan 26 Maret 2023

 

Salam

Dr. Yuzarion, S.Ag., S.Psi., M.Si.

Magister Psikologi UAD Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar