Jumat, 24 Maret 2023

Psikologi Taqwa: Taqwa Sebaik-baiknya Bekal

Bekal terbaik untuk kehidupan ini menurut Alqur’an telah difirmankan Allah SWT dengan sangat jelas. Penjelasan ini terdapat pada ayat berikut:

 

ٱلْحَجُّ أَشْهُرٌۭ مَّعْلُومَـٰتٌۭ ۚ فَمَن فَرَضَ فِيهِنَّ ٱلْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِى ٱلْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍۢ يَعْلَمْهُ ٱللَّهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰ ۚ وَٱتَّقُونِ يَـٰٓأُو۟لِى ٱلْأَلْبَـٰبِ

 

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal sehat. [Surat Al-Baqarah (2) ayat 197].

 

Ayat ini terkait pelaksanaan ibadah haji. Pada bahagian akhir ayat Allah SWT menjelaskan artinya: “Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal sehat”.

 

Kehidupan setiap diri di dunia pasti akan berakhir [Alqur’an surah Al-Ankabut (29) ayat 57] Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.

 

Bekal terbaik untuk menuju pintu kematian hanya satu. Satu-satunya bekal terbaik adalah menjadi MUTTAQIEN. Menjadi muttaqien pilihan wajib, tidak ada pilahan selain memilih menjadi diri, hati, dan jiwa muttaqien. Menjadi muttaqien pilihan satu-satunya bagi shaimin dan shaimat yang berkhitmat pada Ramadhan.

 

Puasa Ramadhan salah satu jalan, dari banyak jalan menjadi muttaqien. Maka tetapkan tujuan beribadah bulan Ramadhan ini. Berdayakan semua kekuatan yang diberikan Allah SWT, baik berupa nikmat, rahmat dan hidayah serta karunia-Nya mendorong diri, hati, dan jiwa bersungguh-sungguh menjadi muttaqien. Sempurnakan tujuan dari awal Ramadhan menjadi Muttaqien.

 

[Bersambung…]

 

 

Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami ketaqwaaan jiwa dan sucikanlah ia, karena Engkaulah sebaik-baik Rabb yang mensucikannya, Engkau pelindung dan pemeliharanya🤲*

 

 

Jogjakarta, 2 Ramadhan 1444 H, bertepatan 24 Maret 2023

 

Salam

Dr. Yuzarion, S.Ag., S.Psi., M.Si.

Magister Psikologi UAD Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar