Rabu, 05 April 2023

Psikologi Taqwa: Said bin Amir Aljumahi memilih Akhirat

Said bin Amir Aljumahi menjadi teladan bagi orang-orang dalam berkeyakinan tauhid [beriman] generasi Islam berikutnya, bahkan sampai saat ini.

 

Said telah membeli kehidupan akhirat dengan dunianya, Said rela mendahulukan Allah SWT dan Rasullullah SAW, serta mendahulukan  pahala dan ridha-Nya, dari pada keinginan hawa nafsu, sahwat badan, dan kenikamatan sesaat.

 

Abu Bakar dan Umar bin Khatab dua khalifah ini sangat paham dengan ketaqwaan yang dimiliki Said bin Ami Aljumahi. Mereka berdua sering menerima nasehat-nasehat Said baik saat menjadi Khalifa maupun sebelumnya.

 

Saat Umar baru saja dibai’at [diangkat] menjadi khalifah menggantikan Abu Bakar. Said mendatanggi Umar lalu memberi nasehat: “Wahai Umar aku berwasiat kepadamu agar engkau takut kepada Allah SWT dalam urusan manusia. Janganlah engkau takut kepada manusia dalam urusan Allah SWT.

 

Said meneruskan nasehat berikutnya: ‘Ucapanmu jangan pernah menyalahi perbuatanmu, sebab ucapan terbaik adalah yang dibenarkan oleh perbuatan.

 

Perhatikan dengan baik orang yang telah Allah SWT percayakan kepadamu dalam urusan kaum muslimin, baik yang jauh mapun yang dekat.

 

Cintailah mereka sebagaimana engkau mencintai dirimu dan keluarga. Sayangilah mereka sebagaimana engkau menyayangi dirimu dan keluarga.

 

Doronglah manusia menuju kebaikan dan ketaqwaan dan janganlah engkau khuwatir terhadap ancaman manusia selagi engkau istiqamah dijalan Allah SWT.

 

Begitulah cuplikan kecil nasehat-nasehat Said bin Amir Aljumahi kepada Umar bin Khatab, kisah ini terdapat pada buku Sirah 65 Sahabat Rasulullah.

 

Selang beberapa waktu kemudian, Khalifah Umar meminta dan mengangkat Said bin Amir Aljumahi menjadi Gubernur di wilayah Hims.

 

Said bin Amir Aljumahi tercatat sebagai gubernur miskin. Miskinnya benar-benar miskin, bukan miskin pencitraan seperti gubernur saat ini.

 

Begitulah Said teladan bagi semua diri yang berkomitmen dalam ketaqwaa. Sebagai sahabat Rasulullah SAW dan pemimpin umat [gubernur] yang sepanjang kepemimpinannya mensejahterakan umat, disamping itu Said sebagai gubernur sangat berkhitmat dengan akhirat lebih baik dari dunia dan seisinya.

 

 

[Bersambung…]

 

 

Ya Allah… Ya Tuhan kami, tuntunlah kami untuk memilih Akhirat lebih baik dari dunia seisinya, seperti keyakinan Said bin Abdi Ajumahi RA sahabat Rasulullah SAW… 🤲*

 

Jogjakarta, 14 Ramadhan 1444 H, bertepatan 5 April 2023

 

Salam

Dr. Yuzarion, S.Ag., S.Psi., M.Si.

Magister Psikologi UAD Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar