Selasa, 04 April 2023

Psikologi Taqwa: Nilai-nilai Psikologis Arrahman

Arrahman merupakan satu dari sembilan puluh sembilan Asmaul Husna. Asma Allah SWT ini secara bahasa, Arrahman bisa diartikan pengasih, karena ini sifat Allah SWT belum tepat diberi makna pengasih, maka kita menggunakan arti Arrahman Yang Maha Pengasih.

 

Arrahmaan merupakan dua rangkaian yang tidak terpisah dengan Arrahiim. Dua asma Allah SWT ini senantiasa membasahi bibir sepanjang hayat. Apapun bentuk dan aktifitas selalu diawali dengan:

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

 

Dengan nama Allah SWT yang maha pengasih dan maha penyayang.

 

Saat hamba telah berikrar lisan dengan ber-syahadatnya, seketika akan tumbuh keyakinan tauhid [syahadat] pada diri, hati dan jiwanya. Keyakinan tauhid [syahadat] akan melahirkan perilaku, terkadang jauh diluar nalar atau akal rasinal manusia, seperti sosok Khubaib bin Abdi R.A. sosok syahid pertama dimutilasi dan Said bin Amir Aljumahi gubernur miskin.

 

Kembali pada Arrahman dan Arrahim, ungkapan basmallah artinya: “Dengan nama Allah SWT yang maha pengasih dan maha penyayang”. Memiliki makna psikologis yang sangat dalam membentuk nilai-nilai Arrahman dakam berperilaku.

 

Maha pengasihnya Allah SWT diturunkan lansung bersaaan dengan ruh manusia disatukan dengan jasat calon manusia empat bulan dalam kandungan Ibunya.

 

Maka sifat Arrahman Allah SWT akan menjadi salah satu karakter pada manusia. Karakter tersebut adalah ‘pengasih’. Allah SWT yang Maha Mudah Memberi. Maka lahir karakter mudah memberi pada manusia, lawannya kikir atau pelit sebagai jebakan.

 

Perilaku mudah memberi merupakan cerminan dari nilai-nilai psikologis Arrahman [pengasih] Allah SWT pada manusia yang menjadi karakter diri sebagai manusia muttaqien.

 

 

 

[Bersambung…]

 

 

Ya Allah… Ya Tuhan kami, Engkau Allah yang Maha Pengasih, tidak pernah pilih kasih.   Kami memohon kepada-Mu Dengan nama-Mu yang maha pengasih, kasihanilah kami ya Rabb karena pengasih-Mu meliputi segalanya… 🤲*

 

Jogjakarta, 13 Ramadhan 1444 H, bertepatan 4 April 2023

 

Salam

Dr. Yuzarion, S.Ag., S.Psi., M.Si.

Magister Psikologi UAD Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar